TOLERANSI

Aksi damai yang sudah berlangsung dari yang tanggal 411 dan 212 membuat saya semakin bersyukur menjadi seorang Muslim yang tinggal di Indonesia.

Begitu bersatunya umat muslim di negri ini,sampai-sampai ketika kitab sucinya dinodai,saling bersatu untuk membela kebenaran.

Aksi damai 4 November 2016
Aksi Super damai 2 Desember 2016

Biar begitu ,banyak juga yang tidak setuju dengan adanya aksi,menurut saya itu hal biasa, karena segala sesuatunya pasti ada yang pro dan kontra.

Di sosmed pun ramai terjadi ,saling adu argumentasi dengan pendapatnya masing-masing.

Banyak yang kontra dengan aksi ini meragukan sikap toleransi bagi yang pro aksi.

Saya sendiri tidak setuju dengan keraguan mereka. Saya adalah termasuk dari yang pro aksi damai.Tapi saya sangat menjunjung tinggi sikap toleransi beragama, karena di Islam pun kita sudah mempelajarinya. lakum diinukum wali yaa diin,,untukmu agamamu,untukku agamaku. Sesuai dengan firman Allah ;

Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦

Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)

Sumber : https://rumaysho.com/2146-lakum-diinukum-wa-liya-diin.html

Dari kecil pun saya sudah berteman dengan teman yang non muslim. Teman dekat saya waktu SD beragama Kristen. SMA saya juga sangat dekat dengan teman yang ber etnis China dan beragama Budha. Waktu kuliah saya kost sekamar dengan sahabat yang beragama Katolik. Dan kami tidak ada masalah sama sekali dengan kepercayaan kami.

Makanya waktu heboh tentang toleransi yang ada sangkut pautnya dengan masalah yang timbul sekarang,saya cuma bisa senyum. Karena sebenarnya gak ada hubungannya juga masalah penistaan agama ini dengan toleransi.

Ini murni masalah perorangan saja. Tentang ke sembronoan seorang pejabat yang menyinggung tentang ayat Alquran tanpa tahu ilmunya.

Dan aksi tidak akan terjadi kalau penanganan masalah ini tidak berlarut-larut.

Biarpun banyak yang nyinyir dengan aksi ini ,tapi saya yakin dihati kecil saudara2 seiman saya yang mungkin tidak setuju dengan aksi ini,pastilah kagum juga dengan kesatuan umat muslim di Indonesia tercinta ini.

Semoga perjuangan saudara-saudara untuk membela Qur’an dan agama bisa terealisasi. Dan semangat jihad terus ada pada saudara-saudara muslim di tanah air ini ,Aamiin

#Aksi-bela-islam

5 tanggapan untuk “TOLERANSI

  1. amiin,,, iyaaa mba… jika kita sudah terbiasa dengan toleransi, ketika menghadapi perbedaan bakalan santai ngga pake emosi yaaa.
    aku dengan keluargaku pun gitu,,, saling hargai aja pendapat masing masing… ngga sama yaaa gpp… hehehe

    Disukai oleh 1 orang

    1. Pro atau kontra, kalau masih ada iman di dada,, pastilah bergetar melihat aksi kemaren ya cinta,, jutaan ummat berkumpul untuk melaksanakan doa,zikir dan sholat bersama, semua bersatu, berkumpul mendoakan bangsa Indonesia….Subhanallah…..

      Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s