konsisten dengan Qana’ah

Agar kita bisa konsisten dengan qana’ah, menurut ustadz Farid Nu’man ada seberapa hal yang harus ada dalam pikiran kita,

  1. Bertanggung jawab kepada Allah terhadap apa yang kita miliki, maka hendaknya kita takut atas hisabNya.
  2. Jangan “melihat”orang yang Allah beri kelebihan harta, padahal mereka hisabNya tidak sederhana. Lihat lah mereka yang lebih susah dari kita, karena bisa jadi mereka hisabNya lebih ringan.
  3. Mengingat kematian . Karena kematian merupakan pelajaran bagi kita. Rasul bersabda,” banyak-banyaklah mengingat pemutus kehidupan dunia, yaitu kematian”.
  4. Bergaulah dengan para Sholihin, yang sibuk dengan amal Sholih. Bukan sibuk dengan perkembangan mode terbaru, dan lain-lain. Hal semacam itu tidak akan ada habisnya bila diikuti, karena hawa nafsu tidak pernah membuat diri kita menjadi puas.
Image Google

Adapun dalam hal yang berkaitan dengan dunia, kita harus tawakal dalam meraih rizki, karena setiap hasil yang kita dapatkan itu, sebenarnya adalah rizki yang telah ditetapkan Allah untuk kita. Sedangkan tawakal mengandung, doa,usaha dan bentuk penyerahan diri (pasrah).

Image Google

Yakinlah bahwa Allah Maha Pemberi rizki,Allah Maha Kaya dan Allah Maha Adil, tidak mungkin Allah membebani hambanya melampaui kesanggupannya.

Allah SWT berfirman,

“Dan tiada dari segala yang melata di bumi melainkan atas tanggungan Allah lah rizkinya. Dia Maha Mengetahui tempat berdiam dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab Lauh Mahfuzh yang nyata”.(QS Huud;6).

#Selfreminder

#Qana’ah

2 tanggapan untuk “konsisten dengan Qana’ah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s