Ketika Iman Sedang Turun

Keimanan seseorang tidak pernah stabil, selalu naik dan turun. Begitupun saya. Saya adalah manusia yang fakir ilmu, tak kuasa saat sedang terperosok iman.

*

Bila dirasa iman sedang turun, hati sepertinya hampa, kering dan tak karuan. Ibarat daun atau tanah bila tidak disiram air, maka akan menjadi kering.

Perasaan sumpek gak karuan. Terkadang orang-orang disekitar kita akan juga terkena imbasnya, karena pembawaan jadi lebih emosi.

*

*

Bila hal itu terjadi biasanya saya akan melakukan hal-hal seperti,

  • Membaca Alquran. Membaca Al-Quran sangat efektif buat saya agar hati lebih tenang, dan terasa lebih dekat kepada Allah.
  • Diusahakan paling tidak sepekan sekali datang ke tempat halaqah atau ke tempat-tempat kajian. Mendengar kan siraman rohani dari ahlinya akan membuat hati seperti terisi kembali. Ibarat baterei, bila sudah habis kan harus di charge lagi.
  • Membaca buku-buku atau majalah islami.
  • Melakukan ibadah-ibadah sunah.
  • Bersilaturahim kepada teman dan kerabat.
  • Berzikir. Dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang, insya Allah keimanan yang tadinya menurun akan menjadi lebih baik.
  • Mengingat mati. Terkadang cara terakhir ini paling manjur buat saya agar saya bisa move on dari lemahnya iman. Karena umur adalah rahasia Illahi. Sampai kapan kita hidup, tak akan pernah tahu. Jadi itu memicu saya untuk selalu melakukan hal-hal yang baik.

*

Rasulullah SAW bersabda,

Sesungguhnya iman itu diciptakan (diuji) di dalam diri kalian sebagaimana diciptakannya pakaian. Maka, hendaklah kalian meminta kepada Allah agar memperbaharui iman di dalam hati kalian.” (HR. Hakim dan Al Tabrani).

*

Pada dasarnya Allah selalu memberikan ujian kepada hamba -Nya. Tidak ada manusia yang tidak diuji. Sebagai manusia biasa, keimanan juga akan naik dan turun. Dan hanya diri sendirilah yang bisa mengetahui hal-hal seperti apa yang bisa menjadikan iman kita naik kembali.

*

Wallahu A’lam Bishawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s